Euro-anime.id – Seniman Jepang telah memberi negara itu pengaruh yang sangat besar di seluruh dunia, dengan manga, anime, dan ekspor budaya lainnya yang menghasilkan beberapa tokoh paling dicintai di dunia — sementara sektor teknologinya yang dulu dominan tersendat.
Dari “Dragon Ball” hingga “Pokemon” dan Studio Ghibli, kumpulan kecerdikan yang terpancar dari pikiran dan hati rakyatnya inilah yang menjadikan Jepang unik. Namun kini, industri kreatifnya terancam karena munculnya alat kecerdasan buatan yang memudahkan siapa pun untuk meniru bentuk-bentuk seni ini. Negara itu harus memperbarui hukumnya untuk melindungi orang-orang yang karyanya telah menentukan budayanya.
Perjuangan untuk masa depan seni di era AI ini terjadi di seluruh dunia, tetapi peraturan Jepang yang ramah terhadap industri — dan jangkauan industri kreatif dalam negerinya — telah menjadikannya medan pertempuran yang patut diperhatikan. Ia dapat menunjukkan kepemimpinan bukan dengan memprioritaskan tuntutan perusahaan teknologi yang haus data, tetapi dengan melindungi seniman manusia yang produknya telah menginspirasi dunia.
Saat ini, pembaruan samar pada tahun 2018 terhadap undang-undang kekayaan intelektual Jepang telah ditafsirkan sebagai mengizinkan penggunaan materi berhak cipta secara luas untuk melatih perangkat AI tanpa izin. Beberapa pengamat industri mengatakan pendekatan terbuka ini diarahkan untuk menarik perusahaan teknologi. Sebuah subkomite untuk Badan Urusan Kebudayaan mengatakan akan meninjau masalah hak cipta AI dan menerima hampir 25.000 komentar publik. Kelompok tersebut awal tahun ini merilis draf garis besar tentang cara menafsirkan undang-undang hak cipta saat ini yang tampaknya bersimpati kepada seniman, tetapi tidak mengikat secara hukum.
Sementara itu, badan yang sama menawarkan konsultasi hukum gratis kepada kreator dan melakukan penjangkauan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang masalah tertentu. Pemerintah tidak mampu bergerak dengan kecepatan siput sementara perusahaan teknologi melahap internet untuk konten guna melatih model AI mereka.
Bagi seniman, ini merupakan pukulan ganda yang menghancurkan. Banyak yang merasa bahwa pekerjaan mereka diambil untuk menciptakan perangkat yang kemudian mengancam mata pencaharian mereka. Survei yang dilakukan tahun lalu oleh asosiasi Pekerja Seni Jepang menemukan bahwa 92% ilustrator khawatir karya mereka telah digunakan untuk melatih perangkat AI tanpa izin mereka. Sekitar 60% responden juga khawatir tentang berkurangnya kesempatan kerja.
Beberapa karakter Jepang yang paling disukai tampaknya telah terseret ke dalam data pelatihan AI. Media sosial telah dibanjiri dengan versi buatan mereka, termasuk Hello Kitty yang memegang senapan mesin atau Pikachu yang berotot. Dan banyak model AI sumber terbuka telah memungkinkan hampir semua orang untuk melatih perangkat pada gambar yang mereka unggah dari artis favorit mereka untuk menghasilkan konten yang menyerupai gaya tersebut.
Dan itu bukan hanya seni. Awal tahun ini, OpenAI menggoda penggemar dengan tampilan pertama perangkat videonya, Sora, yang mengguncang industri. Pembuat film Tyler Perry mengatakan bahwa ia menghentikan rencana perluasan studionya di Atlanta senilai $800 juta setelah melihat kemampuan Sora yang “menakjubkan”. Sementara itu, OpenAI belum membagikan detail data yang digunakan untuk melatihnya secara terbuka. Kepala Teknologi Mira Murati menghindari pertanyaan tentang hal ini dalam sebuah wawancara awal tahun ini, dengan mengatakan “Saya sebenarnya tidak yakin tentang itu” ketika ditanya apakah video dari YouTube digunakan. Beberapa bulan kemudian, Murati dikecam karena mengakui, dengan agak tidak elegan, bahwa “beberapa pekerjaan kreatif mungkin akan hilang.” (Dia kemudian membela pernyataan ini dalam posting X yang panjang).
Namun, komentar dari CTO paling berpengaruh di sektor AI ini seharusnya mengkhawatirkan karena kurangnya transparansi tentang materi apa yang digunakan untuk melatih alatnya — dan pengakuan jujur mereka bahwa teknologi ini akan memengaruhi pekerjaan seniman. OpenAI mengumumkan akan meluncurkan kantor Asia pertamanya di Tokyo awal tahun ini, dengan banyak yang menyarankan regulasi Jepang yang tidak ikut campur berperan dalam keputusan itu.
Secara global, masalah hak kekayaan intelektual dan AI sedang diproses di pengadilan. Tiongkok sering mendapat reputasi buruk karena dianggap pendekatan yang longgar terhadap IP, tetapi dalam ranah AI, Tiongkok telah mengambil langkah maju. Dalam kasus penting awal tahun ini, pengadilan di Guangzhou memutuskan bahwa penyedia layanan AI bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta atas hasil yang menyerupai karakter fiksi ilmiah Jepang Ultraman.
Jepang harus mengambil pendekatan yang lebih proaktif dengan menuntut transparansi dari perusahaan tentang data apa yang dipelajari oleh alat mereka. Para pembuat kebijakan kemudian dapat menetapkan pedoman yang jelas tentang cara memberi kompensasi kepada seniman jika karya mereka digunakan. Membiarkan perusahaan teknologi memperkaya diri mereka sendiri dengan akses gratis ke tenaga kerja para pekerja kreatif, yang sering kali tidak dibayar dengan baik, akan memperparah kesenjangan pendapatan dan merusak masa depan industri yang bergantung pada mereka.
Selain diproduksi dari hasil karya yang dicuri, salah satu kritik terbesar terhadap karya seni yang dihasilkan AI adalah bahwa karya seni tersebut sering kali tidak berjiwa — versi yang berlebihan dari kreasi manusia, yang dilucuti dari unsur-unsur yang membuat kita merasakan sesuatu sejak awal. Hayao Miyazaki, pembuat film pemenang Oscar dan jenius di balik Studio Ghibli, pernah berkata bahwa ia “sangat muak” dengan cuplikan animasi yang dihasilkan AI yang diperlihatkan kepadanya. “Saya sangat merasa bahwa ini merupakan penghinaan terhadap kehidupan itu sendiri,” katanya dalam sebuah dokumenter NHK tahun 2016.
Jepang harus ingat bahwa bukan industri teknologinya yang mendorong kekuatan lunak dan pengaruh globalnya dalam beberapa dekade terakhir, tetapi pikiran para seniman seperti Miyazaki. Karya-karya kreatif membuat negara tersebut tetap relevan bahkan ketika kekuatan industrinya telah merosot. Sekarang, negara tersebut memiliki pilihan untuk melindungi kecerdikan ini, daripada mengkhianatinya.